Rabu, 11 Mei 2016

Informasi Terkait Veval PTK



Tahun 2016 akan menjadi tahun yang lebih sibuk bagi Operator Sekolah, dimana pada tahun ini Operator Sekolah akan diberi tugas untuk melakukan verval PTK untu Verifikasi dan Validasi NUPTK bagi seluruh Guru dan Tenaga Kependidikan yang telah diinput di aplikasi Dapodik.

Verval PTK dapat dilakukan di http://vervalptk.data.kemdikbud.go.id . Operator Sekolah dapat melakukan login verval PTK menggunakan akun Verval PD. Hal ini dikarenakan verval PTK dan verval PD menggunakan teknologi SSO (Single Sign On). Namun apabila Operator belum memiliki akun, dapat melakukan registrasi ke http://sdm.data.kemdikbud.go.id .

Hal yang harus diingat dalam proses verval adalah apabila terjadi perubahan data PTK misal telah lulus Perguruan Tinggi, sehinga perlu mengupdate data.

Berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara melakukan verval PTK.

Jika Anda sudah mempunyai akun, Anda dapat langsung melakukan login. Setelah melakukan login, akan muncul beberapa menu :
  1. Menu Data PTK memuat nama-nama PTK di satuan pendidikan
  2. Menu Pengelolaan, Untuk proses perbaikan data PTK dan upload foto PTK serta proses pengajuan perubahan data PTK
  3. Menu NUPTK untuk melihat PTK yang berhak mendapatkan NUPTK, status pengajuan serta penutupan NUPTK
  4. Menu Pencarian untuk mencari PTK secara cepat; serta
  5. Menu Logout untuk keluar dari Verval PTK
Mari kita bahas satu persatu.

1. Menu Data PTK 
Dalam menu data PTK ini memuat seluruh Data utama PTK di sekolah kita. Artinya data PTK yang muncul disini merupakan PTK sekolah induk. (Lihat Penugasan Dapodik). Data PTK disini sama persis yang operator dapodik masukkan di aplikasi Dapodik. Memuat nama PTK, NUPTK, NIK, nama ibu kandung, Tempat tanggal lahir, jenis kelamin serta status validitas NUPTK. 

Bagi guru yang belum memiliki NUPTK maka statusnya invalid. Atau jika yang dimasukkan adalah PEG-ID padamu negeri maka pasti invalid. 

2. Menu Pengelolaan

Menu pengelolaan data PTK di verval PTK merupakan inti aplikasi ini. Di sini kita bisa mengajukan perubahan data PTK jika terdapat kesalahan input data di dapodik. 

Klik Pengelolaan > Perbaikan Data Master dan Foto 


Nah silakan ubah data PTK yang dirasa salah, atau rekan operator melakukan kesalahan input data di aplikasi dapodik. terutama tanggal lahir, tempat lahir, nama ibu kandung. Dokumen penyerta bisa berupa kartu keluarga, Akta kelahiran PTK, KTP, Buku Nikah, maupun Ijazah. Ingat, yang diupload adalah dokumen yang dirasa perlu, misal guru di sekolah Anda telah lulus S1 dan perlu melakukan perbaikan, maka dokumen yang di upload adalah ijazah S1 nya.

Klik Select untuk mengupload scan dokumen dan foto PTK. Jika dirasa benar, Klik Upload Dokumen. 

Jika seluruh PTK tidak ada masalah datanya, maka kita cuma mengupload foto PTK saja. 

3. Menu NUPTK

Di menu ini tersedia sub menu Calon Penerima NUPTK, Status Ajuan Penerima NUPTK, dan Pengajuan Penutupan NUPTK.


Guru yang berhak mendapatkan NUPTK maka secara otomatis muncul di menu ini. Jika kosong berarti tidak ada guru yang memenuhi syarat untuk diajukan NUPTKnya. Kedepan akan saya bagikan syarat agar guru masuk ke dalam calon penerima NUPTK.

Syarat tambahan yang harus discan untuk pengajuan NUPTK

Scan KTP
SCAN SK PNS (untuk PNS)
Scan Surat Perintah Melaksanakan Tugas dari dinas/BKD (SPMT)
Scan Ijazah SD
Scan Ijazah SMP
Scan ijazah SMA/SMK
Scan ijazah Sarjana/ S1 


Demikian Penjelasan singkat tentang verval PTK. Terima kasih.


0 komentar:

Posting Komentar